Thursday, September 8, 2016

DESAIN RUMAH UNIK DI INDONESIA

1. Rumah Honai















Rumah Honai Rumah Adat PapuaRumah adat Honai adalah rumah adat asal Papua yang memiliki desain sangat unik yang di buat dari kayu dan menggunakan atap yang khas hingga membuat rumah ini terlihat unik. Atap rumah Honai di buat menyerupai kubah dari jerami dan rumah ini bisa anda temukan di daerah Lembah Baliem. Rumah ini adalah rumah adat dari suku Dani yang asli suku Papua yang memiliki tinggi bangunan 2,5 meter yang di bagi jadi 2 lantai. Lantai pertama rumah Honai ini berfungsi sebagai kamar tidur dan lantai dua di gunakan untuk ruang makan, istirahat, dan pengerjaan kerajinan tangan. Kedua ruangan tersebut di hubungkan dengan tangga dari bambu dan di desain tanpa jendela yang mampu menampung penghuni hingga 10 orang.

2. Rumah Domes

Rumah DomesApakah anda ingat dengan serial Teletubbies yang memiliki rumah unik,rumah tersebut berhasil di baut dalam kehidupan nyata dan bisa di lihat dari rumah Domes. Rumah Domes ini memiliki desain kubah dan bisa anda jumpai di daerah Jokjakarta di desa New Nglepen yang merupakan perkampungan dengan semua rumah beratapkan bentuk kubah yang tahan gempa.
3. Rumah Suku Sasak
Rumah Suku Sasak Rumah Adat LombokDi Nusa Tenggara Barat memiliki sebuahrumah adat unikbernama Rumah Sasak yang atapnya di buat dari jerami dan dindingnya terbuat dari anyaman bambu. Lantai dari rumah Sasak ini sangat keras seperti beton namun sebenarnya lantai keras tersebut di buat dari campuran tanh liat dan kotoran kerbau serta abu vulkanik. Rumah Sasak ini sangat unik karena memiliki atap berbentuk gunung dan di bagi menjadi tiga bagian. Bagian rumah yang pertama sebagai tempat untuk tidur, bagian kedua berfungsi sebagai penyimpan barang, dan bagian ketiga di gunakan untuk tempat melahirkan dan tempat persemaian jenazah sebelum di makamkan.
4. Rumah Botol
Rumah BotolSelain rumah Gurita, di Bandung juga terdapat rumah unik lain bernam Rumah Botol yang berdesain bangun modern yang berada di daerah Cigadung Selatan, Bandung. Rumah ini sangat unik karena di bangun dari botol bekas yang berjumlah sebanyak 30 ribu buah dan merupakan contoh rumah hemat energy dan ramah lingkungan sesuai dengan prinsip Reuse dari konsep Go Green. Rumah ini juga mampu menampung banyak sinar matahari untuk menghemat listrik karena dinding rumah ini sebagian terbuat dari kaca. Rumah ini berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Green Design Award dari BCI Asia karena inovasi yang ada di rumahini.
5. Rumah Sao Ria Tenda Bewamoni Koanara
Rumah Sao Ria Tenda Bewamoni KoanaraSao Ria Tenda Bewamoni Koanara adalah rumah adat asli NTT yang berada di Desa Koanara Kelimutu yangmemiliki atap yang terbuat dari ilalang. Ada 3 fungsi dan jenis rumah dari rumah adat yang satu ini yaitu rumah Baku untuk menyimpan tulang belulang leluhur, Rumah Lumbung untuk menyimpan bahan makanan, dan rumah tinggal untuk kediaman pemilik yang di tandai dengan adanya kepala kerbau di pintu masuk rumah.
6. Rumah Gurita
Rumah GuritaDi Bandung etrdapat sebuah rumah unik bernama Rumah Gurita yang terdapat sebuah patung gurita raksasadi atap rumahnya. Atap yang di tutupi patung gurita tersebut terletak di atas ruang makan dan patung gurita tersebut di buat pemiliknya untuk menghadirkan kesan atap rumah yangdi dekap oleh gurita raksasa.
7. Rumah Mbaru Niang
Rumah Mbaru NiangMasih dari daerah NTT yang memiliki rumah adat bernama Mbaru Niang yang berasal dari Desa Wae Rebo, Manggarai NTT. Keunikan dari rumah ini adalah atapnya yang terbuat dari daun lontar kering yang menutupi tanah. Ada 5 tingkat yang di miliki rumah ini yang tingkat pertamanya di namakan Lutur, dan lantai kedua bernama Lobo yang berfungsi sebagai penyimpan bahan makanan. Tingkat yang ketiga adalah tempat menyimpan benih yang di namakan ruang Lentar, tingkat ke empat bernama Lempa Rae berfungsi sebagai penyimpana makanan jika gagal panen, dan tingkat kelima adalah Hekang Kode yang berfungsi sebagai penyimpanan bermacam sesaji untuk leluhur.Keberagaman suku budaya Indonesia membuat banyak ragam arsitektural diIndonesia menjadi menarik untuk di bahas. Semua itu adalah warisan terbesar yang di turunkan oleh leluhur kita dan wajib kita jaga agar keberadaannya tetap ada dan bisa di wariskan lagi ke generasi berikutnya.

1 komentar:

  1. Mantap blog nya, thnks admin sudah mau berbagi tulisan,artikelnya bagus

    ReplyDelete