Saturday, September 10, 2016

Suku Aneuk Jamee

Suku Aneuk Jamee adalah sebuah suku di Indonesia yang tersebar di sepanjang pesisir barat Aceh mulai dari SingkilAceh SelatanAceh Barat Daya dan Simeulue. Suku ini merupakan perantau Minangkabau yang bermigrasi ke Aceh dan telah berakulturasi dengan Suku Aceh.

Aneuk Jamee
Ughang Jamu
Jumlah populasi
67.000 jiwa[1]
Kawasan dengan konsentrasi signifikan
Aceh
Bahasa
Bahasa Jamee
Agama
Islam
Kelompok etnik terdekat
MinangkabauAceh
Sejarah[sunting | sunting sumber]

Peta pengguna Bahasa Minangkabau di Sumatera. Pengguna Bahasa Jamee ditunjukkan dengan warna hijau yang berada di sebelah barat daya Aceh
Sejak berabad-abad lalu, pesisir barat Sumatera telah menjadi rantau tradisional bagi orang Minangkabau. Migrasi orang Minang ke pesisir barat Aceh telah berlangsung sejak abad ke-16, di mana ketika itu banyak dari saudagar Minang yang berdagang dengan Kesultanan Aceh. Selain berdagang banyak pula dari masyarakat Minang yang memperdalam ilmu agama ke Aceh. Salah satunya ialah Syeikh Burhanuddin Ulakan, seorang ulama yang berasal dari Ulakan, Pariaman, Sumatera Barat. Syekh Burhanuddin pernah menimba ilmu di Aceh kepada Syekh Abdurrauf Singkil dari Singkil, Aceh, yang pernah menjadi murid dan penganut setia ajaran Syekh Ahmad al-Qusyasyi Madinah. Oleh Syekh Ahmad keduanya diberi wewenang untuk menyebarkan agama Islam di daerahnya masing-masing.
Gelombang migrasi berikutnya terjadi pada masa Perang Paderi. Di mana pada masa itu banyak dari masyarakat Minang yang menghindar dari pergolakan dan penjajahan Hindia-Belanda.

Penyebaran

Suku Aneuk Jamee terutama terdapat di kabupaten Aceh Selatan (lebih kurang 30 % populasi) dan sebagian kecil di kabupaten Aceh Barat DayaAceh BaratAceh Singkil dan Simeulue.
Kawasan-kawasan yang didiami oleh suku Aneuk Jamee:
KabupatenKawasan
Aceh SelatanKecamatan: Kemukiman Kandang (Kluet Selatan), Labuhan HajiLabuhan Haji TimurSama Dua dan Tapak Tuan
Aceh Barat DayaKecamatan: Susoh.
Aceh BaratUmumnya terkonsentrasi di beberapa desa dalam Kecamatan Meureubo (bercampur dengan Suku Aceh) yaitu desa Gunong Kleng, Peunaga, Meureubo, Ranto Panyang dan sekitarnya. Disamping itu, sebagian kecil juga mendiami Desa Padang Seurahet yang termasuk dalam Kecamatan Johan Pahlawan. Umumnya yang disebut terakhir ini merupakan keturunan pendatang yang berasal dari Kabupaten Aceh Selatan dan telah menetap lama di Aceh Barat secara turun temurun.
SimeulueSinabang
Aceh SingkilKota Singkil, kecamatan Pulau Banyak (ada 3 desa, yaitu: Pulau Balai, Pulau Baguk dan Teluk Nibung)

Bahasa

Dalam percakapan sehari-hari, kelompok masyarakat ini menggunakan Bahasa Minangkabau dialek Aceh, atau yang dikenal dengan Bahasa Jamee. Bahasa Jamee merupakan Bahasa Minangkabau yang telah menyerap beberapa unsur dan kosa kata Bahasa Aceh. Kini kebanyakan anggota masyarakat Suku Aneuk Jamee, terutama yang mendiami kawasan yang didominasi oleh Suku Aceh menggunakan Bahasa Aceh. Bahasa Jamee hanya dituturkan di kalangan orang-orang tua saja dan saat ini umumnya mereka lebih lazim menggunakan Bahasa Aceh sebagai bahasa pergaulan sehari-hari (lingua franca).

                                                                              sumber : id.wikipedia.org

0 komentar:

Post a Comment