Tuesday, October 4, 2016

Menghilangkan Bad Mood

pernahkah kamu mengalami suatu perasaan yang membuatmu ingin terjun bebas dari langit ato melakukan adegan-adegan film action seperti jagoan-jagoan hollywood(bukan bollywood loh ya :D). itu artinya kamu sdang bad mod kawan hehehe. nah pada kesempatan kali ini saya mau kasih tips menghilangkan bad mood untuk kamu-kamu yang lagi menjalankannya(kya ibadah aja ya?).

Sebenarnya, apa sih yang menyebabkan kamu bad mood? 


Di sini ada beberapa penyebab yang mungkin sekarang sedang kamu alami :

Tekanan, perubahan dan hormon

Bagi banyak remaja, berurusan dengan tekanan sekolah dan perubahan sehari-hari menyebabkan suasana hati memburuk. Bukan hanya soal mendapatkan nilai yang buruk, suasana hati juga dipengaruhi penerimaan lingkungan yang buruk. Tuntutan terhadap diri sendiri ini yang menyebabkan suasana hati tidak menentu.

Selain keinginan diterima dari lingkungan, suasana hati yang buruk juga dapat dipengaruhi rasa tak menentu atas perubahan-perubahan yang terjadi. Sebagian besar remaja ingin merdeka, sementara mereka masih merasa bergantung pada keluarga. Mereka ingin diperlakukan seperti orang dewasa, namun kadang-kadang mereka seperti anak-anak kecil.

Remaja yang berada dalam masa transisi antara masa kanak-kanak dan dewasa, menghadapi semua perubahan dan tanggung jawab baru yang luar biasa. Pada satu sisi merupakan waktu yang menyenangkan, namun di sisi lain juga menakutkan dan membuat kesepian.


Penyebab lain dari perubahan mood pada remaja adalah pubertas

Hormon pubertas bukan hanya menyebabkan perubahan fisik luar biasa, mereka juga bisa membuat mood swing! Dan, hampir semua orang melalui mood swing selama remaja. Oleh karena itu, penting  memahami apakah suasana hati yang buruk merupakan kemarahan  sementara, atau temperamen akibat depresi.


Apakah sekadar bad mood?

Jika kamu mengalami kemarahan, kemurungan, perasaan putus asa, atau perasaan bosan berlebihan dalam jangka waktu yang lama, coba konsultasikan pada dokter. Kadang-kadang, ini merupakan tanda-tanda gangguan mood serius yang kerap disebut depresi.

Depresi lebih dari sekedar merasa sedih atau down. Umumnya ini dapat menyebabkan kemarahan berlebih, iritasi, apatis, bahkan bunuh diri. Segera cari bantuan apabila merasakannya.

Berbicara dengan seorang terapis terlatih, konselor, perawat kesehatan primer dan penyedia layanan kesehatan, yang dapat membantu memperbaiki perasaan dan membuat kamu  menikmati hidup kembali. Jika mulai terpikirkan untuk bunuh diri (kalo hal ini mending jangan deh), cobalah berkomunikasi dengan seseorang yang dekat dengan kamu atau hubungi hotline layanan kesehatan jiwa untuk bantuan.

Tips berikut dapat membantu kamu mengatasi mood yang akut, menjadikan pagi yang gundah gulana bertransformasi menjadi transformers,,,, eh bukan, maksud saya seceria alice in wonderland hehehehe

1. Mendekatkan diri pada tuhan yang maha esa

Image result for allah
mandekatkan diri pada allah adalah cara yang pertama harus kamu lakukan, ingatlah akan allah dengan, melaksanakan ibadah, insyallah bad mood akan hilang

2. Masa depan kamu tidak didasarkan pada masa lalu kamu.

Image result for masa depan
Jangan percaya pada prasangka. Hanya dengan tangan kamulah keberuntungan kamu bisa dirubah, karena tidak ada yang bisa menilai masa depan berdasarkan masa lalu. Singkirkan pikiran negatif dan lakukan pendekatan dengan perspektif positif. Kamu dapat membimbing keberuntungan kamu, cukup mengambil kendali dari hidup kamu dan menemukan keberanian untuk melakukan hal-hal yang Kamu selalu Kamu inginkan.


3. Mencoba hal baru

Pengalaman baru siang hari dapat melakukan keajaiban. Bahkan penemuan perasaan yang baru dan pengertian yang berbeda dapat membebaskan kamu dari suasana hati yang buruk.

Berbicara dengan orang-orang baru, membaca novel yang kamu belum pernah baca sebelumnya atau mendengarkan musik yang membuat kamu bahagia. Kamu juga dapat mencoba meditasi selama 10 sampai 20 menit sehari, untuk mengisi pikiran kamu dengan perdamaian dan harapan.


4. Nikmati matahari dan udara segar

Image result for menikmati matahari dan udara segar
Ambil istirahat dari pekerjaan dan berdiri di samping jendela cerah. Nikmati sinar matahari dan minum secangkir kopi untuk memperkuat tubuh kamu dan mengisi daya. Sementara itu, matahari akan meningkatkan tingkat vitamin D dalam tubuh, yang meningkatkan suasana hati yang baik bagi kamu. Jika Kamu memiliki waktu berjalan-jalan, kamu akan terkejut melihat betapa leganya perasaan Kamu.


5. Pikirkan aspek positif dari kehidupan kamu

Image result for Pikirkan aspek positif dari kehidupan kamu
Ingat beberapa prestasi yang kamu capai dalam lima tahun terakhir. Mungkin kamu menikah, memiliki anak atau mendapat promosi di tempat kerja. Mengakui kemajuan kamu secara otomatis akan memberikan rasa kepuasan dan dapat membantu kamu mengalami masalah dengan iman dan kekuatan kehendak.

Kekuatan pikiran dapat menyelamatkan suasana hati yang buruk. Dengan begitu, berpikir positif menjadi kunci utama untuk menghilangkan serangan bad mood yang kamu alami. Setiap persoalan memiliki sisi positif dan negatif, berusahalah untuk lebih memikirkan hal-hal yang baik. Di sela-sela itu, berikan ruang untuk diri sendiri agar pikiran menjadi lebih tenang.


6. Hindari orang yang lagi "depresi"

Image result for Hindari orang yang lagi "depresi"
Ingat optimisme yang menular, seperti penderitaan! Bila kamu bergaul dengan orang-orang yang dapat mengisi kamu dengan harapan, kamu dapat dengan mudah mengatasi insiden yang tidak menyenangkan di hari itu.

Di sisi lain, jika orang-orang di sekitar kamu yang pesimis dan dalam keadaan depresi terus menerus, itu lebih mungkin yang akan membuat kamu merasa lebih buruk dan menghancurkan harapan Kamu untuk mengubah suasana hati kamu.


7. Tempelkan foto keluarga dan teman-teman di pintu lemari es

Image result for Tempelkan foto keluarga dan teman-teman di pintu lemari es
Rata-rata kamu mengunjungi lemari es sekitar 10 kali sehari. Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa orang yang paling bahagia telah menempatkan foto pertemuan keluarga atau berbagai kumpul-kumpul dengan teman-teman yang mengarah ke kenangan indah pada pintu kulkas. Kamu hanya harus mencobanya!


8. Pikirkan sebuah cerita konyol

Image result for Pikirkan sebuah cerita konyol
Pertimbangkan satu orang menjengkelkan dan membuat karakter konyol di kepala kamu. Bayangkan kamu berada di sebuah cerita, komik keterlaluan, dan kemudian datang kehancuran! Segera, kamu akan melihat bahwa itu telah membentuk senyum di bibir kamu. Pada akhirnya bayangkan diri kamu sebagai protagonis dan "pelukan" yang menyebabkan optimisme dalam cerita.


9. Membuat catatan

Image result for Membuat catatan
Biasakan tangan kamu selalu berinteraksi dengan buku harian dan menggambarkan setiap kegiatan yang positif. Mungkin kamu memiliki beberapa momen bagus saat akhir pekan atau menghadiri acara yang bagus. Kamu akan segera menyadari bahwa ketika kamu terbiasa dengan proses ini, kamu akan ingin menulis di kalender kamu saat-saat bahagia kamu dan ini akan membuat kamu merasa baik.


10. Ubah pengalaman negatif menjadi peluang

Image result for Ubah pengalaman negatif menjadi peluang
Buatlah daftar lima sampai sepuluh hal yang (atau bisa) salah hari ini dan membacanya keras-keras. Umumnya, ketika kamu mendengarkan masalah yang menyangkut kamu, kamu dapat memperlakukan mereka lebih tenang dan melihat seberapa kecil mereka dalam realitas. Jangan melihat segala sesuatu sebagai hitam atau putih karena ada daerah abu-abu!


11. Mengurangi stres melalui trik harian kecil

Image result for Mengurangi stres melalui trik harian kecil
Setiap kali kamu mendapati diri berperilaku negatif, hentikan! Untuk mengurangi stres, mengakui kebiasaan yang memberikan kamu stres dan mencoba untuk mengurangi mereka di siang hari. Jadi, kamu akan bekerja secara efektif pada masalah ini dan akan mengelola untuk menghilangkan stres, melihat kehidupan dengan lebih optimis.


12. Pikirkan  sesuatu atau seseorang yang kamu syukuri

Image result for Pikirkan sesuatu atau seseorang yang kamu syukuri
Hentikan perasaan buruk, dengan mengingat orang-orang dalam hidup  yang peduli maupun  telah melakukan hal-hal  baik untuk kamu.


13. Lakukan sesuatu yang baik

Image result for Lakukan sesuatu yang baik
Pikirkan seseorang dapat kamu bantu. Bad mood dapat berkurang ketika kamu membantu seseorang.


14. Dengarkan musik menghentak dan bersemangat

Image result for dengar musik
Masukan CD favorit  atau putar MP3 favorit, dan biarkan musik menenangkan kamu.


15. Bicaralah dengan seseorang

Image result for 0lah raga
Jika seorang teman atau orang tua tidak memungkinkan, seorang guru dan konselor dapat menjadi pendengar yang baik. Jangan menyimpan perasaan pada diri sendiri. Mereka bisa bercokol di dalam diri, dan membuat masalah tampak jauh lebih buruk ketimbang sebenarnya.


16. Berolah raga

Image result for 0lah raga
Seperti berjalan-jalan, naik sepeda, bermain tenis, maupun sekedar mengambil napas dalam-dalam sembari menikmati udara segar dapat memperbaiki mood.


17. Istirahat yang cukup

Idealnya tidur yang cukup yaitu 8-9 jam setiap malam. Dengan tidur yang cukup akan membuat kondisi tubuh menjadi lebih baik. Jika kondsi tubuh fit, tentunya akan membantu kamu untuk lebih bisa mengatasi suasana hati. Cobalah tidur 8 1/2 hingga 9 1/2 jam lamanya setiap malam. Mendapatkan cukup istirahat adalah penting. Kelelahan dapat menyebabkan kemurungan dan lekas marah, serta mengurangi kemampuan kita  mengatasi suasana hati.


18. Melakukan aktivitas berbasis hobi

Image result for hobi
Tentunya setiap orang mempunyai kesenangan masing-masing, hal ini akan sangat membantu mengurangi bahkan bisa menghilangkan bad mood. Misalnya nonton, membaca novel, jalan-jalan, membuat kue, melakukan perawatan diri, mendengarkan musik atau kegiatan-kegiatan lainnya yang bisa menenangkan pikiran. Namun, disarankan Kamu melakukan aktivitas kreatif, seperti melukis atau merajut.


19. Hindari untuk pergi berbelanja

Image result for syahrini shopping
jangan tiru nih orang . . . .
Ketika terserang bad mood, sebaiknya kamu menghindari untuk pergi berbelanja karena dalam pikiran yang kurang baik cenderung menginginkan sesuatu yang tidak perlu. Hal ini hanya akan membuat kamu menghambur-hamburkan uang. Berbelanja hanya pelarian sementara yang dapat membuat kamu merasa lebih buruk dalam jangka waktu yang cukup lama.


20. Tersenyumlah

Image result for together with friend
Bagaimana mungkin bisa tersenyum ketika suasana hati dalam keadaan buruk? Perlu diketahui bahwa senyum merupakan tindakan luar biasa yang dapat mengangkat bad mood dengan cepat.

Dalam sejumlah penelitian menunjukkan bahwa dengan membuat ekspresi wajah seperti tersenyum dapat menghasilkan efek pada tubuh yang mirip dengan emosi sebenarnya. Seperti kita ketahui ekspresi tersenyum pada dasarnya merupakan ekspresi kebahagiaan. Dan ternyata ekspresi wajah memiliki dampak yang cukup besar terhadap suasana hati.


21. Sadarilah bahwa kamu tidak sendirian

Image result for together with friend
Tidak jarang ketika seseorang sedang dalam situasi bad mood, dia merasa kesepian bahkan ketika berada di tengah keramaian. Cobalah untuk berkomunikasi dan membicarakan hal-hal yang menyenangkan.

Menyendiri memang perlu, namun hanya untuk sementara waktu. Setelah itu, bergabunglah dengan keluarga atau teman-teman, maka Kamu tidak akan merasa sendiri. Kesepian hanya perasaan sementara dan untuk menghilangkannya Kamu sendiri yang harus bertindak.


22. Meluapkan Emosi dengan Tindakan

Image result for tinju samsak
Apabila bersedih, menangislah sejadi-jadinya. Jika kesal, marahlah. Tidak ada salahnya meluapkan emosi dengan cara seperti ini. Namun, satu hal yang perlu diingat, jangan melibatkan orang lain.

Jangan sampai kamu meluapkan kemarahan Kamu kepada seseorang yang tidak tepat. Jika hal ini terjadi justru malah akan menimbulkan masalah baru.


23. Lupakan kejadian yang menjadi penyebab bad mood

Image result for Lupakan kejadian yang menjadi penyebab bad mood
Jika bad mood itu muncul disebabkan kejadian tertentu, maka berusahalah untuk melupakannya. Jangan terus menerus mengingatnya, karena hal ini hanya akan menciptakan pikiran dan suasana hati semakin buruk.

Perlu diingat, yang dapat mengontrol suasana hati kamu hanya kamu sendiri. Adapun jika ada orang lain, maka orang tersebut hanya sebagai pengarah saja.


24. Hindari meluapkan unek-unek di media sosial

Image result for Hindari meluapkan unek-unek di media sosial
Meluapkan isi hati di media sosial seperti facebook atau twitter memang sangat lumrah. Namun, ketika kamu sedang dalam situasi bad mood sebaiknya kamu menghindarinya, karena hal ini ditengarai kurang efektif. Cara ini memang akan membuat lega jika direspon positif, tapi jika direspon negatif justru malah akan membuat bad mood menjadi tambah parah. Selain itu, cara ini juga tidak cukup memberikan solusi.

Sebagai pemikiran akhir, mengatasi mood yang buruk tidak terlalu sulit asalkan kamu benar-benar ingin mengubah suasana hati kamu dan menikmati kesenangan kecil kehidupan sehari-hari.

Sebenarnya, ada beberapa makanan yang bisa setidaknya menurunkan bad mood kamu. Berikut beberapa makanan yang bisa menghilangkan stress ataupun bad mood:


1. Pisang.

Pisang merupakan buah yang murah dan dapat diperoleh kapan pun kamu mau, karena pisang adalah buah yang tidak kenal musim. Selain rasanya yang enak, pisang juga dapat membuat mereka yang mengkonsumsinya merasa tenang dan akan lebih bersemangat.

Pisang mengandung Triptofan yang di dalam tubuh diubah menjadi serotonin, yaitu jenis hormon yang dapat menenangkan dan juga membuat kita menjadi lebih bersemangat.


2. Susu Coklat (coklat)

Seperti pisang, susu coklat juga mengandung Triptofan yang dapat membuat kamu menjadi lebih tenang dan bahagia. Selain itu, menurut penelitian, coklat juga dapat meningkatkan fungsi otak. Hal tersebut akan membuat kamu menjadi lebih bersemangat, terutama saat kamu dilkamu bad mood. Coklat juga diketahui dapat meningkatkan pelepasan Endorphin di otak, hormon ini akan membuat kamu menjadi lebih tenang.


3. Kopi.

Kopi dapat meningkatkan mood kamu dan dapat mengurangi perasaan tidak enak yang tengah kamu alami. Dengan meminum kopi, maka energi kamu akan meningkat, begitu juga dengan kemampuan memori otak kamu. Minum kopi secangkir dapat membawa perubahan berarti pada mood kamu, tapi konsumsi kopi yang berlebihan justru malah akan menimbulkan stress.


4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaya akan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, seperti Omega-3, mineral (selenium), vitamin E dan antioksidan. Kandungan omega-3 dalam kacang-kacangan dapat meningkatkan aliran darah ke otak, yang berarti bahwa otak kamu akan mendapat suplai oksigen, hal itu akan membuat kamu menjadi lebih tenang. Konsumsi kacang-kacangan setiap hari dapat membuat Kamu lebih sehat dan dapat menjernihkan pikiran serta terbebas dari stress.


5. Buah-buahan segar

Kandungan antioksidan dan berbagai macam vitamin dalam buah-buahan dapat membantu kamu dalam mengusir stress ataupun bad mood yang kamu alami. Buah-buahan seperti jeruk dan bluberry merupakan contoh buah yang kaya akan vitamin dan antioksidan yang dapat menghilangkan stress.


6. Teh hitam

Dengan mengkonsumsi teh hitam hangat atau dingin, maka kadar kortisol (hormon stress) di dalam tubuh akan berkurang. Selain itu, teh hitam juga dapat memningkatkan fungsi memori otak dan dapat menyembuhkan sakit kepala yang Kamu rasakan.

Dalam menjalani hidup ini, setiap orang pasti akan mengalami situasi apa pun. Bahagia, sedih, beruntung, bosan, kecewa, semuanya akan datang silih berganti. Kondisi apa pun itu, yang perlu dilakukan bukan menghindari atau menyesali tapi menghadapinya. Setiap persoalan pasti ada solusi.

Kita hanya dituntut satu hal, yaitu berusaha. Berusaha untuk mencapai yang terbaik dan berusaha untuk menyelesaikan persoalan dengan cara yang baik. Begitupun dalam menghilangkan bad mood, selalu ada cara yang bisa dilakukan. Mungkin salah satu cara di atas bisa membantu kamu yang saat ini sedang dihampiri bad mood.

0 komentar:

Post a Comment