Thursday, October 13, 2016

Tempat Pertemuan Ritual Suci di Gunung Misterius 19.000 Tahun Lalu

[​IMG]
Sekumpulan besar lebih dari 400 jejak kaki manusia ditemukan oleh ahli geologi yang diperkirakan terjadi antara 10.000 dan 19.000 tahun yang lalu. Jejak kaki yang terawetkan dalam lumpur sembilan mil jauhnya dari gunung berapi itu dianggap sakral oleh masyarakat Maasai.

Telah diperkirakan sebelumnya bahwa jejak kaki tersebut ada sekitar 120.000 tahun, dan telah diawetkan oleh abu yang jatuh dari langit, akibat susulan letusan gunung berapi di dekatnya.

Namun tim peneliti kini telah mampu menanggali lebih akurat setelah menemukan bahwa aliran berlumpur puing dan abu dari sisi gunung berapi sebagai penyebabnya.

[​IMG] ​

Menurut William Harcourt-Smith, seorang ahli paleoantropologi di City University of New York dan anggota tim peneliti kepada National Geographic menjelaskan bahwa itu adalah situs yang sangat rumit. Ada satu daerah di mana ada begitu banyak cetakan jejak, dan telah dijuluki sebagai “aula tarian”, karena belum pernah ditemukan begitu banyak cetakan jejak di satu tempat.

Tidak ada situs lain di Afrika memiliki banyak jejak kaki homo sapien. Sekumpulan besar jejak kaki itu ditemukan pada lumpur di pantai selatan Danau Natron di desa Engare Sero di Tanzania utara.

Gunung berapi Ol Doinyo Lengai, dikenal masyarakat Maasai sebagai ‘Gunung Allah’, menara di atas danau. Maasai secara teratur melakukan perjalanan berziarah ke gunung berapi untuk membayar upeti kepada tuhan mereka, Engai.

Penelitian tersebut dipimpin oleh geolog Appalachian State University dan penerima beasiswa National Geographic, Dr Cynthia Liutkus-Pierce.

“Jejak-jejak kaki tersebut terjadi (dan kemudian terawetkan) terjadi antara 19.000 dan 10.000-12,000 tahun yang lalu. Ini berarti bahwa cetakan Engare Sero adalah Pleistosen terakhir di zamannya,” kata Dr Liutkus-Pierce pada MailOnline.

“Jejak kaki di Engare Sero menambah catatan unik dari situs jejak fosil di seluruh dunia. Mereka merekam jejak nenek moyang kita, aktivitas dan perilaku mereka selama Pleistosen terakhir sepanjang tepi Danau Natron di Tanzania,” lanjutnya.

[​IMG] ​

Karena tingginya kadar abu hadir dalam lumpur telah melestarikan jejak-jejak kaki tersebut, peneliti percaya kemungkinan telah tercuci hilang dari gunung berapi. Diperkirakan bahwa permukaan akan kering dalam beberapa hari, atau bahkan jam, akhirnya melestarikan cetakan kaki tersebut.

“Segera setelah jejak kaki menekan ke dalam lumpur basah dan abu, sedimen basah mengering dan mengeras. Kami melihat bukti ini karena permukaan jejak kaki memiliki belahan lumpur poligonal besar di atasnya,” kata Dr Luitkius-Pierce.

Penelitian laboratorium mereka menunjukkan bahwa sekali lumpur yang telah mengeras dan abu basah lagi, jejak dari cetakan apapun hancur. Oleh karena itu, dalam rangka melestarikan jejak kaki Engare Sero, permukaan yang kering dan keras tersebut harus terkubur segera setelah terbentuk.

Setelah jejak kaki tersebut terbentuk, mereka terkubur oleh aliran lain dari lumpur dan abu dari gunung berapi di dekatnya. Karena mereka terkubur, mereka sekarang terlindungi dari pelapukan dan erosi sampai beberapa lama waktu kemudian ketika Engare Sero Sungai modern yang merusaknya melalui batu-batuan dan mengenai permukaan jejak kaki tersebut.

Para peneliti mampu mengidentifikasi setidaknya 24 jejak, termasuk bukti bahwa beberapa cetakan dibuat oleh orang-orang yang sedang berlari. Mereka juga mampu mengidentifikasi sekelompok lebih dari 12 orang bepergian secara bersama-sama.

Beberapa jejak kaki tersebut ditemukan oleh seorang warga setempat lebih dari sepuluh tahun yang lalu, tetapi hanya menarik perhatian dari masyarakat ilmiah pada tahun 2008 ketika seorang pelestari Amerika mengunjungi daerah itu.

Tim ini awalnya percaya bahwa lumpur melestarikan jejak kaki yang telah dihasilkan dari jatuhnya abu, menyusul letusan gunung berapi. Hal ini menyebabkan mereka untuk awalnya memperkirakan bahwa jejak-jejak tersebut berusia sekitar 120.000 tahun.

Namun bagimanapun, tim peneliti kemudian menyimpulkan bahwa abu telah terangkut oleh air, yang memungkinkan mereka untuk menentukan usia maksimal pada jejak kaki tersebut melalui penemuan kristal termuda yang berada dalam lumpur itu.

Sebuah kerang juga ditemukan di dalam lumpur di atas jejak kaki yang akhirnya membuat tim tersebut untuk menyimpulkan bahwa jejak itu berusia antara 5.000 – 19.100 tahun.

National Geographic melaporkan, para peneliti bekerja sama dengan Smithsonian untuk membuat scan 3D dari seluruh daerah. Dengan tetap memperhatikan pelestarian jangka panjang dari situs, dimana pemodelan 3D bertindak sebagai cadangan yang berguna. Para peneliti percaya bahwa mungkin ada lebih banyak lagi jejak kaki terkubur di bawah pasir utara daerah itu.

Temuan yang dipublikasikan dalam tiga jurnal : Palaeogeography, Palaeoclimatology, Palaeoecology, ini dapat menjelaskan perilaku manusia kuno di Pleistosen terakhir. Mereka bisa memberikan wawasan interaksi dengan garis pantai vulkanik aktif di daerah itu, yang secara potensi berbahaya bagi manusia purba.

0 komentar:

Post a Comment