Thursday, October 13, 2016

5 Lagenda Harta Karun yang Hilang

Harta karun adalah sejumlah besar harta atau kekayaan lain yang tersembunyi, maupun yang ditemukan namun tidak diketahui asal-usulnya. Segala yang menyangkut harta karun pastilah berhubungan dengan kemewahan dan nilai jual tinggi. 

Umumnya harta karun dibicarakan di cerita cerita fiksi. Namun tak jarang harta karun dalam cerita dibumbui dengan berbagai kisah kutukan untuk menambah kesan rasa penasaran. Beberapa telah ditemukan namun yang lain masih tersimpan dengan sangat baik dan sepertinya nyaris tak akan ditemukan. Berikut 5 Lagenda Harta Karun Yang Hilang:

1. Harta Para Firaun
 Hasil gambar untuk harta karun raja firaun
Ketika Howard Carter menemukan makam Tutankhamen di Mesir Lembah Para Raja pada 1922, ia terpesona oleh kemegahan artefak dan harta yg dibawa oleh raja muda itu untuk hidup di akhirat. Melekat pada ruang pemakaman terdapat begitu banyak perhiasan dan artefak lain yang butuh sepuluh tahun untuk meng katalog kan nya.

Namun, ketika ruang pemakaman firaun2 yg lainnya digali, di akhir abad 19, ruang harta mereka hampir kosong. Sudah menjadi rahasia umum bahwa pencuri makam telah selama berabad-abad telah menjarah makam2 firaun tersebut, tetapi skala pencurian yang diperlukan untuk membersihkan makam raja-raja di luar kemampuan para penjahat itu. Jadi, di mana kekayaan besar dari firaun2 yg dimakamkan di Lembah Para Raja?

Beberapa ahli percaya bahwa harta tersebut digunakan oleh para imam yang melakukan pemakaman kembali di Lembah Para Raja pada periode akhir 20 dan awal 21 dinasti Mesir(425-343 SM). Firaun2 selanjutnya tidak menolak untuk menggunakan kembali kemegahan pemakaman nenek moyang mereka, jadi ini mungkin telah dilakukan dengan undang2 resmi.

salah seorang firaun, Herihor, telah menjadi fokus perhatian khusus. Herihor adalah seorang pejabat pengadilan tinggi selama pemerintahan Ramses XI. Setelah kematiannya Ramses ‘, Herihor merebut takhta, membagi kerajaan dengan menantunya, Piankh. Herihor menempatkan dirinya bertanggung jawab atas semua proses reburial di Lembah para Raja, yang memberinya banyak kesempatan untuk mencuri dalam skala besar.

Makamnya tidak pernah ditemukan. Jika nanti makamnya ditemukan, banyak ahli percaya bahwa harta yang hilang dari banyak firaun Mesir disimpan disana dan saking banyaknya harta itu, dipercaya bhw kilaunya akan seterang cahaya siang.

2. Harta Rampasan Blackberard
 Hasil gambar untuk Harta Rampasan Blackbeard

Hampir sekitar dua tahun (1716-1718) Bajak laut Blackbeard mampu mengumpulkan harta rampasan yang jumlahnya sangat banyak. Blackbeard merupakan bajak laut yang kejam yang bermarkas di Bahama dan North Carolina Pada Bulan November 1718, merupakan akhir dari Blackbeard. Ia tertangkap oleh pasukan Inggris dan kemudian Letnan Robert Maynard memenggal kepalanya. Sebelum terjadi pemenggalan tersebut, Bajak Laut Blackbeard berhasil menyembunyikan Semua harta Rampasanya itu. Kemungkinan lokasi penyimpanan harta blackbeard mencakup Kepulauan Karibia, Virginia Chesapeake Bay, dan gua-gua di Kepulauan Cayman.

3. Ruang Amber
Hasil gambar untuk ruang Amber

Ruangan amber awalnya adalah salah satu ruangan di istina rusia. Ruangan ini terdiri dari panel panel dinding berukuran besar bertahtahkan beberapa batu amber yang luar biasa. Disini juga berdiri cermin cermin yang terbuat dari dedaunan emas serta empat buah mozaik Florentine yang luar biasa indahnya.

Ruangan ini dibuat oleh raja fenerik ke satu untuk rusia sebagai lambing perdamaian. Sempat dijuluki keajaiban dunia ke delapan, ruangan bernilai lebih dari 1,6 triliun rupiah ini menjadi perebutan beberapa pihak pada jaman perang dunia kedua. Saat nazi menyerang rusia, penjaga ruangan amber sangat khawatir dan menutupi ruangan amber dengan wallpaper. Namun usaha ini gagal karena tentara nazi berhasil merebut dan memindahkan ruangan bernilai tinggi ini.

Dan ketika kekuasaan nazi runtuh, ruangan ini pun hilang secara misterius. Sejak saat itu masyarakat percaya bahwa ruangan amber menghilang karena sebuah kutukan. Konon orang yang berhubungan ruangan ini pun terkena kutukan dan tewas secara misterius. Orang yang meneliti ruangan ini pun terkena tipus dan meninggal namun jasadnya hilang entah kemana. Seorang jendral Russia yang pernah berhubungan dengan ruangan ini tewas secara misterius dalam kecelakaan mobil. Yang lebih mengerikan lagi, seorang pemburu ruangan ini tewas di hutan bafarian dengan kondisi sangat mengenaskan.

4. Berlian Koh I Noor
Hasil gambar untuk Berlian Koh I Noor

Harta karun terkutuk lainnya adalah permata 150 karat yang tercatat di teks hindu pada abad ke 14. Anehnya teks ini juga menuliskan peringatan mengerikan. Bunyi tulisan ini adalah “lelaki yang memiliki berlian ini akan menguasai dunia akan tetapi juga akan mengetahui kemalangan di dunia. Hanya tuhan atau seseorang perempuan yang dapat memakainya”. Seperti bunyi tulisan itu sebagian pemilik permata ini memang seorang penguasa, namun akhirnya mereka turun tahta dengan cara menyedihkan.

Sebaliknya jika pemilik berlian ini adalah perempuan maka nasib baik akan mengikuti kehidupannya. Salah satu korban dari kutukan berlian ini adalah sir syamsuri kaisar paling berkuasa di india ini dikabarkan tewas terkena ledakan meriam setelah memiliki berlian koh I noor ini. korban kutukan batu permata lainnya adalah putra dari raja mogal magul yang diasingkan dari kerajaannya.

Kutukan koh I noor memang hanya berlaku pada laki laki. Saat berlian itu jatuh di tangan inggris, ratu victoria memakainya dan tidak terjadi hal yang menyedihkan. Sampai sekarang berlian ini di pegang oleh ratu inggris dan tidak ada raja yang memakainya.

5. Harta Karun Ahmad Shah
Hasil gambar untuk Harta Karun Ahmad Shah

Harta Karun Ahmad Shah adalah harta paling fantastis jika diuangkan. Diperkirakan nilai harta-harta itu mencapai 250 miliar Dolar. Saat ini, harta karun itu entah lenyap ke mana. Di duga harta ini tersembunyi dan memiliki kutukan yang sangat mematikan. Pemilik sebelumnya, Ahmad Shah pun diduga meninggal akibat kutukan Koh-i-noor yang dikeluarkan oleh salah satu permata di harta-harta itu. Sebagai informasi saja, harta itu sebenarnya harta curian. Pada abad ke-18 masehi, seorang Persia bernama Nadir Shah merampok harta dari kerajaan Mughal India. Namun ia mati dengan mengenaskan karena dibunuh saat tidur di dalam tenda. Hal ini dilakukan oleh salah satu pengawalnya yang sangat muda. Lalu harta jatuh ke tangan Ahmad Shah hingga akhirnya hilang menjadi misteri. Pada tahun 2012 silam, sebuah film dokumenter dibuat untuk menceritakan harta karun kutukan ini secara menyeluruh.

0 komentar:

Post a Comment